Friday, May 25, 2012

Material Safety Data Sheet adalah


MSDS ( Material Safety Data Sheet) atau Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB), merupakan kumpulan data keselamatan dan petunjuk dalam penggunaan bahan bahan kimia berbahaya. Lembar Data Keselamatan Bahan didesain sedemikian rupa disusun secara ringkas, sistematik dan dalam Bahasa Indonesia agar mudah dimengerti dan dipahami. Pembuatan LDKB dimaksudkan sebagai informasi acuan bagi para pekerja dan supervisor yang menangani langsung dan mengelola bahan kimia berbahaya dalam industri maupun laboratorium kimia. Dengan informasi tersebut diharapkan seseorang akan mempunyai naluri untuk mencegah dan menghindari serta mampu menanggulangi kecelakaan kimia yang mungkin terjadi.

LDKB bukan merupakan terjemahan dari MSDS dari luar negeri, tetapi
merupakan kumpulan informasi keselamatan dari banyak buku, leaflet, jurnal, dan pengalaman

Data dari MSDS maupun LDKB sangat pentng dalam penyimpanan. penanganan,pemakaian, dan pembuangan zat kimia. Data ini merupakan protocol standar keamanan dan keselamatan kerja. Sehingga mampu mendukung budaya terciptanya kesehatan dan keselamatan kerja.

Untuk Kali ini, data-data MSDS yang tersedia hanya beberapa senyawa, silahkan datang beberapa jam, atau beberapa hari lagi untuk dapatkan MSDS senyawa lain

No comments:

Post a Comment

Popular Posts